Selasa, 12 September 2017

Tugas1SKB



TUGAS 1 STUDI KELAYAKAN BISNIS (EKMA4311)
Nama : Westri W.
NIM : 021518064

1.       Coba anda uraikan  langkah membuat suatu proyek.
2.       Coba anda membuat proposal membuat proyek pembuatan Batu Bata di wilayah anda.



JAWABAN :
1.       Langkah-langkah membuat proyek:


A.  Tahap Penyaringan Awal:
1.   Menyeleksi ide atau gagasan
2.   Memilih gagasan yang berdasarkan pertimbangan berikut:
a. Terdapat  pembatasan, monopoli, kelemahan-kelemahan yang menghambat produksi.
b.   Mengenai pendanaan.
c.   Environment impact
d.   Kesesuaian dengan kebijakan nasional
e.   Monopoli industri
f.    Hambatan pemasaran
g.  Kesesuaian atau kecocokan dengan industri yang sudah ada atau rencana industri.
B.  Tahap Perbandingan Berbagai Ide Produk
Mencermati kisah sukses dan gagal produk lain dengan berbagai faktor penyebab dan pendukungnya. Hilton menyebutkan kegagalan produk mencapai tingkat penjualan sebagai berikut:
      a.         Kelemahan design dan pengembangan produk
      b.         Kegagalan untuk menganalisis pasar secara realistis dan estimasi demand
      c.         Usaha pemasaran dan distribusi minim
C.  Mencermati Pasar Saat ini
     Estimasi penjualan harus didasarkan semata-mata atas estimasi konsumen yang potensial dan daya beli individu serta pola konsumsinya, beberapa hal yang mempengaruhi penjualan:
a.    besar kecilnya pasar
b.    hubungan produk dengan kebutuhan
c.    hambatan dalam persaingan dan faktor dominan
d.   hubungan kualitas dan harga dalam kaitannya dengan produk pesaing
e.    persyaratan jasa
f.     tersedianya sistem pemasaran dan distribusi
g.    persyaratan usaha pemasaran
h.    kemungkinan ekspor

·               Pertumbuhan pasar potensial dilihat dari prospek pertumbuhan yang cepat dan ROI yang tinggi. Beberapa indikator diantaranya:
a.    diperkirakan ada kenaikan atas konsumen potensial
b.    adanya kenaikan atas kebutuhan
c.    kenaikan penerimaan konsumen
d.    munculnya produk baru
e.    kecenderungan ekonomi: pola konsumen yang sehat
f.     kecenderungan sosial politik
g.    competitive advantage
·                                       Competitive cost. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penilaiannya:
a.    biaya bahan baku
b.    biaya tenaga kerja
c.    biaya distribusi
d.    biaya pemasaran
e.    efisiensi proses produksi
f.     biaya asuransi, garansi
g.    paten dan lisensi.
·                                       Risiko yang rendah, proyeksi masa depan atas berbagai kemungkinan diantaranya :
a.    kestabilan pasar dan siklus ekonomi
b.    risiko teknologi
c.    kompetisi impor
d.    ukuran dan kemampuan pesaing
e.    quality dan reliability risk
f.     prediksi permintaan
g.    initial investment cost
h.    kemudahan mendapatkan input
i.     peraturan dan pengawasan
j.     persyaratan persediaan
k.    permintaan musiman
l.     exculsiveness of design

































2. Proposal Genteng

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA



USAHA PERCETAKAN GENTENG SOKKA KEBUMEN
Dusun Klapagada Rt 02 Rw 01 No 27 Sruweng, Kecamatan Sruweng Kebumen. SMP N 1 Sruweng ke utara 200 m






I.PENDAHULUAN
Genteng atap adalah komponen dari atap yang menutupi permukaan bagian atas, yang terdiri dari bagian-bagian yang tersusun saling bertindih (overlapping). Genteng atap dapat dibuat dalam bentuk dan cara pemasangan yang bervariasi, namun bentuk ang paling umum adalah segi empat. Atap dapat dibuat dari berbagai jenis bahan seperti kayu, batu, tanah liat, serat, aspal, plastik, asbes, dan logam tergantung kebutuhan dan biaya pembangunan. Genteng atap harus dibuat tahan air karena melindungi bangunan dari hujan.
Berangkat dari kesadaran tersebut kami dengan pengetahuan dan keahlian yang kami peroleh, mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang percetakan  , juga telah mendirikan serta mengelola percetakan genteng , berupaya untuk bangkit bersama saudara-saudara yang lain membangun perekonomian yang kokoh agar dapat mandiri seluas-luasnya untuk kepentingan bersama. yang terdiri dari gabungan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas yang berpengalaman dibidangnya masing-masing.


II.NAMA  USAHA

Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “CV.Putra Guna” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.

III.RENCANA LOKASI USAHA

Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
·            Place:  tempat yang dekat dengan bahan baku
·            Place :  yang mudah terjangkau
·            Tenaga kerja dan fasilitas pendukung tersedia dengan cukup
·            Pabrik dengan kapasitas dan jenis tertentu bisa dibangun dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Dusun Klapagada Rt 02 Rw 01 No 27 Sruweng, Kecamatan Sruweng Kebumen.

IV.JENIS USAHA
Jenis  usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah : Pembuatan genteng (konsentrasi pada bulan pertama).
Jenis usaha ini adalah Usaha Inti (core bussines), dimana seluruh investasi fisik dialokasikan untuk usaha ini (aspek finansial terlampir). (pada bulan ke-2) Target kami adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama didirikan beberapa cabang usaha sekaligus.

V.PROSPEK USAHA

Rumah atau tempat tinggal pada umumnya menggunakan Genteng sebagai bahan dasar bangunannya. Penggunaan genteng banyak digunakan untuk atap pada bangunan perumahan, bangunan gedung. Genteng umumnya atap yang menutupi permukaan bagian atas. Pesatnya pembangunan di sektor perumahan dan property menjadikan kebutuhan terhadap genteng semakin meningkat, hal ini merupakan membuka peluang usaha dalam pengadaan material bangunan untuk mendukung pembangunan sektor tersebut.
Hal lain yang menjadikan komoditas ini sebagai peluang usaha adalah karena proses pembuatannya yang relatif mudah dengan biaya investasi yang murah dan bahan baku yang cukup. Peralatan yang diperlukan pun gampang hanya terdiri dari Cangkul, Pencetak Genteng, Mesin Penggiling genteng, Mesin Pembakar atau Tungku Pembakaran dan Kayu Bakar atau batu bara atau sekam padi. Sementara bahan baku hanya terdiri dari Tanah Liat, Pasir, Air dan Abu sisa pembakaran.










VI.KEUNGGULAN KAMI

Kami memiliki keunggulan antara lain :
1.      Kualitas yang selalu kami utamakan : Tidak Pecah Jika Dinjak, Minimal 2x Sortir(Setelah genteng matang dan dibongkar dari tempat pembakaran, genteng dikualifikasikan ke nomor-nomor kualitasnya oleh tenaga ahli. Kwalitas no 1/super (KW 1) dengan KW 1, KW 2 dengan KW 2 dst)
2.      Fast Respon
Bisa menghubungi melalui via sms/telp di 0852-9201-7071 juga whatsapp di no 0856-4313-4822. Juga bisa via bbm di D8087BF8, email hanifarrul@gmail.com atau facebook dan instagram di budi genteng. Semua itu memudahkan konsumen menghubungi atau konsultasi. Cara pemesanan genteng yang mudah dan dapat dipertanggungjawabkan juga ditawarkan agar konsumen merasa aman dan nyaman memesan genteng.
3.      Kecepatan memproduksi yang lebih cepat
4.      Harga bersaing
5.      Ketepatan Pengiriman
6.      Ramah lingkungan

VII.DANA & LABA MODAL & KEUNTUNGAN

Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan cetak genteng ini plus biaya operasional selama 1 bulan pertama adalah  Rp 40.650.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp,8.350.000- per bulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke (10) sebelas (dengan asumsi 1 bulan pertama belum mendapatkan keuntungan maksimal).
Sedangkan modal untuk usaha selain cetak genteng adalah mengambil dari beberapa sumber antara lain :
1.         Penambahan modal oleh pemodal.
2.         Keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi.
3.            Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanam saham.
4.            Pemodal lain yang ingin ikut andil menanamkan saham.
5.            Dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal).

VIII.BIAYA PENYUSUTAN

Pada prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke2 , dst, Karena kami menganggarkan biaya penyususutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset  milik pemodal, dana penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.

XI.SURAT PERJANJIAN

Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal pengelola dan dibubui materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum. Ketentuan dasar surat perjanjian kami sertakan dalam lampiran.


X.STRATEGI PROMOSI

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :

1.      Bekerja sama dengan pihak pembangunan dalam rangka mengadakan kerja sama menyediakan bahan baku pembangunan
2.      Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang pembangunan yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang industri. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek industri
3.      Melalui bbm di D8087BF8, email hanifarrul@gmail.com atau facebook dan instagram di budi genteng. Semua itu untuk memudahkan konsumen menghubungi atau konsultasi. Cara pemesanan genteng yang mudah dan dapat dipertanggungjawabkan ditawarkan agar konsumen merasa aman dan nyaman memesan genteng.



           
XI.PENUTUP

Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar