Kamis, 19 Juli 2018
tap7
PT. BIG GARMINDO
PT. Big Garmindo merupakan salah satu pemimpin pasar dalam industri pakaian jadi untuk anak-anak di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1985, saat ini PT. Big Garmindo telah mempunyai dua pabrik utama, yaitu di Gunung Putri, Bogor, dan di Cikarang. Kunci utama keberhasilan PT. Big Garmindo adalah komitmen pada visi dan misi perusahaan. Visi perusahaan adalah “Menjadi pemimpin pasar industri pakaian jadi anak-anak pada tahun 2015”. Visi tersebut nampaknya telah terwujud. Saat ini, pihak manajemen tengah menyusun strategi baru untuk mempertahankan posisi tersebut.
Salah satu kunci keberhasilan PT. Big Garmindo adalah pada pengelolaan sumber daya manusia. Presiden Direktur PT. Big Garmindo, Tuan Kurnia Wisnutedja, menyadari betul bahwa tenaga kerja merupakan sumber utama sekaligus aset penting perusahaan dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan. Hal inilah yang menjadi pendorong utama rendahnya tingkat turn over karyawan di PT. Big Garmindo. Salah satu kunci utama menjaga kestabilan jumlah dan produktivitas karyawan adalah dilakukannya analisis jabatan secara rutin untuk semua lini tenaga kerja. Mulai dari manajer sampai dengan operator. Salah satu tujuan melakukan analisis jabatan ini adalah untuk memfokuskan kemampuan individu untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Fokus utama perusahaan adalah pada kualitas produk yang tinggi. Oleh karenanya, spesialisasi pekerjaan menjadi sasaran utama dalam analisis jabatan. Orang-orang yang menduduki jabatan tertentu harus mempunyai kemampuan dan kompetensi yang sesuai. Apabila berdasarkan analisis jabatan terjadi ketidaksesuaian kompetensi pegawai dengan bidang pekerjaan, maka akan dilakukan analisis ulang atas jabatan tersebut. Seiring dengan peningkatan permintaan pelanggan, PT. Big Garmindo berusaha melakukan efisiensi dan efektifitas di semua bagian. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengubah posisi layout pabrik dari posisi continuous layout menjadi u-shaped layout. Dalam hal ini, akan dilakukan penambahan mesin-mesin baru yang tentunya juga membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus. Untuk mengisi kekosongan akan operator mesin yang baru, perusahaan merencanakan untuk melakukan rekruitmen dengan mencari tenaga kerja selevel yang memiliki kinerja yang baik selama ini. Selain loyalitas mereka sudah teruji, perusahaan menilai bahwa tenaga kerja yang sudah ada saat ini sudah mengetahui filosofi dan tujuan perusahaan, sehingga akan lebih mudah untuk memberi pelatihan-pelatihan baru. Selain itu, tingkat pendidikan, usia, dan tingkat produk gagal menjadi pertimbangan utama untuk pemilihan posisi baru tersebut. Tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah minimal SMA atau sederajat, usia maksimal 30 tahun, dan tingkat produk gagal maksimal 20%.
Dalam rangka pembelian mesin-mesin yang baru, PT. Big Garmindo merencanakan untuk membeli mesin jahit otomatis yang sudah terkomputerisasi. Terdapat dua penawaran, yaitu mesin merek “Butterfly” buatan Korea Selatan dan merek “Diamond” buatan China. Harga merek Butterfly adalah Rp11 M dan harga merek Diamond adalah Rp16 M. Pembelian mesin ini diharapkan mampu menghasilkan kas bersih bagi perusahaan sebesar Rp2.100.000.000 per tahun untuk merek Butterfly dan Rp.2.500.000.000 untuk merek Diamond.
Pertanyaan:
Berdasarkan kasus PT. Big Garmindo,maka analisislah:
1. Merek mesin apa yang sebaiknya dibeli PT. Big Garmindo dengan menggunakan pertimbangan Payback Period dari kedua mesin tersebut! Jelaskan jawaban Saudara!
2. a. Jenis analisis jabatan yang diterapkan PT. Big Garmindo! Jelaskan jawaban Saudara!
b. Jenis sumber karyawan yang digunakan oleh PT. Big Garmindo untuk rekruitmen serta cara pengisian lowongan jabatan/metode rekrutmen untuk level operator mesin yang baru! Jelaskan jawaban Saudara!
Selamat Mengerjakan
dan
Semoga Berhasil
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar