Jumat, 21 Oktober 2016

TUGAS 1 KOMBIS

NIM : 021518064
Nama : Westri Wijayanti


TUGAS 1
KOMUNIKASI BISNIS


1. Sebutkan dan jelaskan beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis?
- Membaca :
Dengan kita membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu dan dapat berguna dalam proses suatu komunikasi.
- Mendengar :
Mendengarkan adalah Merespon atau menerima bunyi secara disengaja. Memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan oleh orang lain yang merupakan proses komunikasi kita dengan konsumen,karyawan dan pemasok.
- Percakapan menarik
Berbicara adalah Kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Berbicara merupakan proses komunikasi antara kita dan orang lain(Customer).
- Wawancara :
Wawancara adalah pertemuan dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali
informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu.
- Berdiskusi dengan kelompok – kelompok kecil:
Berdiskusi adalah pertemuan beberapa orang untuk saling mentukar informasi,masukan,atau pertanyaan.
- Berpidato dan Presentasi :
Presentasi adalah suatu cara dimana kita menjelaskan tujuan kita melalui suatu media
Tujuannya dapat di mengerti orang yang mendengarkannya dan itu merupakan hal yang penting dalam komunikasi bisnis.
- Menulis surat, memo, dan laporan :
Menulis berfungsi sebagai media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dapat di
pahami dan di mengerti orang lain untuk menyampaikan pesan atau penjelasan dan
merupakan hal yang penting untuk komunikasi bisnis.
- Menyimak:
Dalam konteks komunikasi lisan, keterampilan menyimak apa yang dinyatakan orang lain menjadi penting. Tidak mengherankan bila salah satu keterampilan yang diperlukan seorang pemimpin adalah keterampilan menyimak apa yang dinyatakan orang lain. Bahkan dalam komunikasi bisnis dinyatakan, bahwa sekarang ini, seorang manajer yang berhasil adalah manajer yang banyak menyimak.

2. Komunikasi mempunyai dua peran penting bagi suatu organisasi.Jelaskan secara singkat?

a. Peran pengambilan keputusan
yaitu memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat itu yang berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas penting bagi organisasi.
b. Peran sosial
Berkomunikasi dalam organisasi seperti mengemukakan gagasan atau memberikan sumbangan pemikiran atas satu persoalan organisasi; membangun dan mengembangkan hubungan dalam organisasi untuk mencapai tujuan- tujuan bisnis; menunjukkan ikatan dalam organisasi

3. Apa perbedaan antara saluran komunikasi formal dengan saluran komunikasi informal. Jelaskan secara singkat?
- Saluran komunikasi formal
adalah suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif , berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas organisasi dengan status masing - masing yang tujuannya menyampaikan pesan yang terkait dengan kepentingan dinas.
Dalam struktur organisasi garis, fungsional, maupun matriks, akan tampak berbagai macam posisi atau kedudukan masing-nasing sesuai dengan batas tanggung jawab dan wewenhangnya. Dalam kaitanya dengan proses penyampaian informasi dari manajer kepada bawahan ataupun dari manajer ke karyawan, pola tramsformasi informasinya dapat berbentuk komunikasi dari atas kebawah (top down atau downward communication), komunikasi dari bawah ke atas (bottom-up atau upward communication), komunikasi horizontal (horizontal communicationws), dan komunikasi diagonal (diagonal communications). Selanjutnya akan dibahas mengenai keterbatasab komunikasi formal (montana, 1993; greene, 1985)

- Saluran Komunikasi informal
adalah saluran komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. komunikasi informal akan untuk memenuhi kebutuhan sosial , mempengaruhi orang lain , dan mengatasi kelambatan komunikasi formal yang biasanya cenderung kaku dan harus melalui berbagai jalur terlebih dahulu .
Dalam jaringan komunikasi informal, orang-orang yang ada dalam suatu organisasi tanpa mempedulikan jenjang hierarkhi , pangkat dan kedudukan /jabatan dapat berkomunikasi secara luas, meskipun hal yang diperbincangkan bersifat umum, seperti mengobrol tentang keluarga, humor atau sinetron dsb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar