Nama: Westri W.
NIM : 021518064
Tugas 2
Manajemen Pemasaran
1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk baru sbb :
- Tahap Pencairan dan Penyaringan Ide tentang Produk Baru
Tahap penyaringan ini dilakukan setelah tahap pencarian di mana berbagai macam ide tentang produk itu tersedia. Jadi, tahap ini merupakan pemilihan sejumlah ide dari berbagai sumber. Adapun sumber informasi atau ide dapat berasal dari: manajer perusahaan, pesaing, para ahli termasuk konsultan, para penyalur, pelanggan atau dari lembaga lain
- Tahap Analisis Bisnis
Tahap kedua di dalam pengembangan produk baru adalah tahap analisis bisnis. Dalam tahap ini, dilakukan suatu studi mendalam tentang kemampuan laba potensial dari ide produk baru. Adapun tujuan dari analisis bisnis ini adalah meninggalkan usaha yang tidak menguntungkan sebelum biaya pengembangan dan pengujian pasar dikeluarkan.
- Tahap Pengembangan
Biasanya dalam tahap pengembangan dan pengujian ini tercakup beberapa kegiatan, yaitu:
1) pengujian konsep,
2) penilaian laboratorium,
3) mengadakan tes kesukaan konsumen, dan
4) operasi pabrik percontohan
- Tahap Pengujian
Tahap pengujian merupakan kelanjutan dari tahap pengembangan.Termasuk dalam tahap pengujian ini adalah:
1) pengujian tentang konsep produk,
2) pengujian terhadap kesukaan konsumen,
3) penilaian laboratoris,
4) tes penggunaannya, dan
5) operasi pabrik percontohan (pilot plant).
- Tahap Komersialisasi
Tahap selanjutnya dalam proses pengembangan produk ini adalah memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan kemudian kepada pembeli akhir produk tersebut.
2. Perbedaan produk baru dengan inovasi produk sbb :
Produk baru dapat didefinisikan sebagai barang dan jasa yang pada pokoknya berbeda dengan produk yang telah dipasarkan oleh sebuah perusahaan.
- Produk yang betul-betul baru, tidak ada produk substitusinya.
Misalnya: obat kanker. Dalam kriteria ini termasuk pula produk-produk yang
penggantiannya sangat berbeda, misalnya tenaga nuklir menggantikan tenaga air dan disel untuk tenaga listrik.
- Produk yang sama jenisnya, dengan model baru. Sebagai contoh: mobil model tahun yang akan datang.
- Produk tiruan yang baru bagi perusahaan tetapi tidak baru bagi pasar.
Misalnya: alat penyimpan data (flash disc) yang sekaligus dapat memutar lagu (MP3).
Sedangkan menurut( Sofyan Assauri : 1990) adalah:
“Pengembangan produk merupakan kegiatan atau aktifitas yang di lakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahaan suatu produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar”
Definisi inovasi produk/ barang dan jasa( Crawford Dan De Benedetto 2000)
Adalah Inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk inovasi disegala proses fungsional atau kegunaannya.Jadi, Inovasi bukanlah sebuah konsep dari suatu ide baru atau penemuan baru tetapi inovasi merupakan gabungan dari semua proses- proses tersebut. ( Dalam Kotler, 2002)
3. Apakah produk lama yang telah di inovasi disebut produk baru ? Kenapa? Berikan contonya!
Menurut Cooper (2001), dua kategori produk baru yang paling populer di kalangan perusahaan adalah lini produk baru (new product lines) dan perbaikan pada produk yang sudah ada (improvements in revisions to existing products). Produk yang baru bagi dunia (new products to the world) dan lini produk baru bagi perusahaan (new product lines) hanya berkontribusi 30% dari semua produk yang dipasarkan, tetapi merepresentasikan 60% sebagai produk yang dipandang paling berhasil. Jadi produk lama yang telah di inovasi merupakan produk baru.
Contohnya Inovasi dispenser air minum kemasan galon.
Ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan dengan produk ini adalah pelanggan kesulitan saat menaikkan dan menuangkan galon air minum ke atas dispenser. Ibu-ibu harus menunggu suami pulang kerja dulu untuk menaikkan galon ke atas dispenser. Ketidaknyamanan ini nampaknya sudah dibaca oleh beberapa produsen dispenser air minum galon, sehingga keluarlah produk-produk dispenser hasil inovasi terbaru. Berikut contoh produk inovasi tersebut.
- Dispenser galon di bawah (Bottom Load Dispenser).
Dengan dispenser ini, tidak direpotkan lagi untuk mengangkat galon ke atas dispenser. Cukup buka tutup galon + segelnya, masukkan pipa dari pompa, tekan dan kunci rapat dan dorong galon ke dalam. Selesai. Pilihan airnya pun sama, panas - biasa - dan dingin. Sayangnya harganya masih terbilang mahal dibanding dispenser biasa. Mungkin karena belum banyak merk yang beredar.
4. Strategi penetapan tawaran yang dapat dilakukan pada saat masa kematangan sbb :
Tahap kedewasaan dibagi menjadi tiga, yaitu tahap kedewasaan yang meningkat, stabil, dan tahap kedewasaan yang menurun. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar adalah dengan modifikasi pasar, modifikasi produk, serta modifikasi bauran pemasaran.
- Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan mencari pembeli dan segmen pasar baru, menaikkan penggunaan, dan memperbaiki kembali posisi merek.
- Modifikasi produk dilakukan dengan perbaikan kualitas, tampilan fisik (feature), dan perbaikan style atau corak.
- Modifikasi bauran pemasaran misalnya dengan menurunkan harga dan promosi yang lebih agresif serta mengalihkan jalur distribusi yang lebih menguntungkan.
5. Strategi pemasaran dalam memposisikan tawaran suatu produk dalam tahap kemunduran sbb :
Pada tahap ini, penjualan produk mulai menurun hingga menghilang dari pasaran. Penurunan penjualan bisa lambat atau cepat. Penjualan dapat jatuh sampai nol atau bertahan di tingkat rendah. Penurunan penjualan ini disebabkan antara lain oleh perkembangan teknologi, pergeseran selera konsumen, serta meningkatnya persaingan dalam negeri dan luar negeri.
Terdapat beberapa strategi yang dapat ditempuh pada tahap ini, yaitu:
Meningkatkan investasi perusahaan (untuk mendominasi atau memperkuat posisi persaingannya) melalui meningkatkan upaya – upaya variabel bauran pemasaran yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan laba ,mengalihkan produk tersebut ke segmen passar yang baru dan menemukan dan mempromosikan penggunaaan baru produk tersebut.
Mempertahankan tingkat investasi perusahaan sampai ketidakpastian tentang industri itu terselesaikan
Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnya sehingga mendapatkan keuntungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar